Broadcasting
Rabu, 26 Desember 2012
0
komentar
SEKILAS TENTANG BROADCASTING
Broadcasting dapat diartikan sebagai
siaran atau penyiaran. Di awal tahun 2000-an industri broadcasting mulai
berkembang di Indonesia secara signifikan walaupun wadah/peluang untuk
orang-orang broadcasting sampai saat ini belum terlalu banyak. Tetapi jangan
khawatir Junior Broadcaster Indonesia, Anda-lah tumpuan bangsa ini. Hari ini
saja puluhan tv lokal beserta partner bisnisnya yakni PH (Production House) dan
Agency mulai banyak berdiri artinya peluang Anda untuk berkarya terbuka lebar.
Hari ini pula, menjadikan broadcasting satu bidang ilmu pengetahuan yang
sebenarnya bukan hal yang baru tetapi menjadi sesuatu yang sangat baru.
Indikasinya adalah ada berbagai kalangan yang tidak mengerti apa itu
broadcasting bahkan ketika penulis menanyakan langsung kepada masyarakat umum
mereka hanya bengong. Lucunya lagi ada yang berpendapat bahwa broadcasting itu
orang-orang yang suka mengadakan casting untuk film, walaupun itu adalah bagian
dari tugas seorang broadcaster (sebutan orang yang berkecimpung dibidang
broadcasting). Toh, pada akhirnya industri broadcasting menjadi industri yang
sangat menjanjikan, sebab broadcasting akan terus berkembang seiring
perkembangan zaman.
Sebenarnya manusia sejak dulu telah mengenal apa yang
disebut dengan radio dan televisi, tetapi sebagian dari mereka ada yang tidak
paham bahwa televise dan radio adalah produk atau sarana utama untuk
broadcasting meskipun belakangan seiring berkembangnya zaman internet, HP, TV dan jaringan-jaringan multimedia juga termasuk sarana penyiaran
(broadcasting). Artinya batasan broadcasting tidak hanya ada pada radio dan
televisi.
BROADCASTING SECARA UMUM
Menurut disiplin ilmu komunikasi, broadcasting adalah
cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Di dalam
broadcasting sendiri sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana
membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi,
jadi bukan hanya belajar secara teori saja namun di broadcasting mempelajari praktik
bagaimana membuat sebuah tayangan/konten yang menarik dan enak dilihat
atau didengar, atau menurut teori ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang
disampaikan sampai kepada khalayak ramai/umum. Karakteristik broadcasting
antara lain: memberi informasi, mendidik dan menghibur.
Broadcasting secara harfiah adalah proses pengiriman
sinyal/pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio,
televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya.
Sedangkan menurut UU Penyiaran No. 32 tahun 2002
penjelasan tentang dunia broadcast terbagi menjadi 2 yakni siaran (broadcast:
kamus bahasa inggris) dan penyiaran (broadcasting: kamus bahasa inggris) yang
masing-masing memiliki definisi sendiri-sendiri.
Siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk
suara, gambar, atau suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter, baik
yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat diterima melalui perangkat
penerima siaran. Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana
pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan
menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media
lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat
dengan perangkat penerima siaran.
0 komentar:
Posting Komentar
TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA
DIHARAPKAN TIDAK BERNADA SPAM DAN PORNO